Senin, 18 November 2019

Pembuatan Evaluasi Pelaksanaan Program Komunikasi Pemasaran || Tugas 3 Komunikasi Pemasaran UT


Pembuatan Evaluasi Pelaksanaan Program Komunikasi Pemasaran


Deskripsi
Anda diminta untuk membuat esay yang mengandung komponen-komponen  pelaksanaan program/kegiatan komunikasi pemasaran dan evaluasi komunikasi pemasaran berdasarkan jawaban atas 2 soal berikut. Anda bisa memilih apakah komunikasi pemasaran bisnis atau nonbisnis. Kasus yang dikemukakan haruslah yang menarik.
Soal Tugas Tutorial:
  1. Uraikan bagaimana strategi pelaksanaan program/kegiatan komunikasi pemasaran meliputi
a) Strategi pesan yang digunakan, dan
b) Strategi media yang digunakan.
  1. Paparkan bagaimana evaluasi anda terhadap strategi pesan dan strategi media yang dijalankan lembaga tersebut?

Jawaban saya:

1. 
Nasi Gambut Khas Banjarmasin

Komponen-komponen strategi komunikasi pemasaran
Pemikiran Govani, Eng dan Galper (1986) menunjukkan bahwa strategi pemasaran meliputi empat kunci alat komunikasi yaitu periklanan, promosi penjualan, penjualan dan public relations.

 a. Strategi pesan: Memperkenalkan pada masyarakat tentang Nasi Gambut Khas Banjarmasin
Nasi Gambut ini berasal dari salah satu daerah di Kalimantan Selatan, yaitu daerah Gambut yang berada tepat di kabupaten Banjar. Sebenarnya yang istimewa dari nasi ini bukanlah nasinya melainkan dari bumbu dan rempah yang digunakan untuk menyajikan lauknya, menggunakan bumbu merah yang berasal dari cabai. Tapi pada dasarnya rasa dari bumbu merah tersebut bukanlah rasa pedas cabai tapi manis dari gula yang dimasak bersama rempah didalamnya, dimasak hingga meresap sampai ketulang. Makanan ini cocok untuk dimakan saat makan siang dan lauknya pun beragam mulai dari ikan, ayam, telur dan daging sapi/kambing.

b. Strategi media:

  • Memilih Audiens: Kalangan pecinta kuliner.
  • Menspesifikasi tujuan media: Memperkenalkan nasi gambut agar dikenal oleh kalangan masyarakat.
  • Memilih kategori media dan sarana: Sosial media seperti instagram, facebook, whatsApp, Google maps, Blog/website resmi, dan brosur.
  • Bekerja sama dengan Media: GrabFood, GoFood, dan OVO.
  • Menarik konsumen dengan membuat promo voucher makanan.
2. Evaluasi strategi pesan dan media
  • Evaluasi konteks menentukan kebutuhan dan masalah-masalah untuk menetapkan tujuan, merupakan need assesment kebutuhan pengembangan.
  • Evaluasi input berfokus pada pengumpulan informasi input yang penting seperti pelaksanaan rencana kegiatan, sumber daya (SDM, bahan baku, keuangan), penyediaan sarana, penyediaan biaya efektif untuk penyiapan kebutuhan dan pencapaian tujuan.
  • Evaluasi process (dapat disebut monitoring) berkenaan dengan kajian seberapa jauh pelaksanaan operasional produk yang telah berjalan secara efektif, menilai pelaksanaan rencana, kemudian membantu pengguna menilai kinerja produk, dan membuat penafsiran hasilnya.
  • Evaluasi product yakni evaluasi keluaran (output) yakni mengidentifikasi dan menilai hasil baik jangka pendek dan jangka panjang. Evaluasi keluaran terarah pada hasil langsung (direct) program. Kinerja SDM dan efektivitas produk yang teramati pada akhir implementasi program akan dinilai pada tahap ini.



Sumber:
SKOM4328/modul 7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar