Senin, 18 November 2019

Contoh Kasus dan Surat bad news kenaikan harga produk || TUGAS 3 KOMUNIKASI BISNIS UT

Contoh Kasus dan Surat bad news kenaikan harga produk




Deskripsikan secara singkat dan padat mengenai perusahaan dan produk yang anda angkat
Buatlah surat edaran yang berisi pesan bad news kenaikan harga untuk konsumen anda
Jelaskan strategi penulisan bad news apa yang anda gunakan beserta pengorganisasian pesan yang ada di dalamnya
Jawab:

1. PT Garuda Food Putra-Putri Jaya (Tbk) (Garuda Food) menaikkan harga jual produknya rata-rata sebesar 3 persen. Kenaikan harga produk dilakukan demi mengimbangi melonjaknya biaya produksi.


3. Strategi Penulisan Bad News

1.) Menciptakan Audience-Centered tone
Gunakan ada dan intonasi Anda dalam menyampaikan bad news mampu memberikan kontribusi yang penting bagi efektivitas penyampaian pesan-pesan bisnis. Tujuan spesifiknya, adalah membantu audiens:
a. Mengerti bahwa bad news menggambarkan suatu keputusan yang  tegas.
b. Mengerti bahwa keputusan Anda adil
c. Agar tetep memberikan goodwill bagi perusahaan.

2.) Memilih Pendekatan Organisasional
a. Pendekatan tak langsung
            Pendekatan ini merupakan pendekatan yang sangat familier atau lazim digunakan untuk pesan yang mempunyai dampak kurang atau tidak menyenangkan bagi audients
Pembuka pernyataan netral > Alasan penjelasan yang logis> Bad News nyatakan bad news> Penutup positif, bersahabat, menyenangkan.

b. Pendekatan Langsung
            Pesan yang kurang menyenangkan yang diorganisasikan dengan pendekatan langsung, yang diawali dengan bad news. Diikuti dengan berbagai alasan yang mendukung dan diakhiri dengan penutup yang bersahabat.

Bad News pernyataan bad news> Alasan Jelaskan alasan bad news> Penutup positif dan bersahabat.

Pendekatan bad news dengan organisasional langsung dapat digunakan apabila:
a. Penerima pesan lebih menyukai pesan langsung pada ide pokok
b. Pesan tersebut mempunyai pengaruh yang kecil terhadap si penerima pesan
c. Pesan disampaikan secara empati.


Sumber:
SKOM4432/Modul8


Tidak ada komentar:

Posting Komentar